Tragedi Itaewon setelah Merayakan Hallowen Menelan Banyak Korban

Pada tanggal 29 Oktober 2022 di Korea Selatan mengadakan perayaan Halloween, tepatnya di Itaewon. Perayaan ini baru diselenggarakan setelah 3 tahun semasa covid tidak ada perayaan Halloween. Pada perayaan ini ternyata mendatangkan petaka yang disebabkan karena orang berbondong-bondong datang ke Itaewon sehingga menjadi ramai dan sesak. Jumlah orang yang hadir 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan hari biasa. Karena keramaian ini gang atau jalan di Itaewon menjadi penuh dan macet sehingga orang berdesakan. Karena insiden ini banyak yang mengalami berhenti detak jantung dan meninggal. Banyak pula yang luka-luka dan laporan orang hilang. Tragedi ini terjadi saat malam hari 22.20 waktu setempat.

Kerumunan orang mendatangi pesta sangat ramai, berdesakan dan tidak bisa keluar dari kerumunan itu. Sehingga petugas darurat dan polisi turun tangan. Awalnya memang sudah menolong beberapa orang namun ternyata datang rombongan ribuan orang semakin memadati gang kecil tersebut. Sehingga hal ini menjadi tidak terkendali dan banyak orang berjatuhan karena sesak. Petugas medis dan darurat memberikan pertolongan pertama dengan CPR agar jantung tetap berdetak. Awalnya petugas darurat sudah memberikan peringatan bahwa bahaya level 1. Namun keadaan tidak terkendali semakin malam
Bentrok di tengah kepadatan membuat semakin banyak yang berjatuhan dan memerlukan pertolongan. Pertolongan CPR terjadi di sana sini. Kejadian ini dinaikan menjadi bencana tingkat 2 karena sudah banyak menelan korban jiwa dan jugaa luka-luka. Korban semakin bertambah hingga saat ini sudah melan 151 orang meninggal dunia bahkan banyak korban tanp identitas diri. Sehingga banyak dilaporkan sebagai orang hilang yang sebagian besar adalah remaja. Pihak berwenang menyelidiki penyebab kasus ini terjadi. Banyaknya korban jiwa karena terinjak-injak di gang sempit Itaewon sebanyak 82 orang terluka. Jumlah orang hilang saat ini sudah mencapai 355.

Tragedi Itaewon membuat Yoon Suk Yeol presiden Korea Selatan mengadakan pertemuan darurat pada waktu dini hari dan mengumumkan masa berkabung secara nasional hingga batas yang tidak ditentukan. Kejadian yang terjadi ini di kota besar Korea. Dan tidak pernah disangka karena untuk perayaan Halloween. Berduka dan berbela sungkawa diungkapkan oleh presiden Korea Selatan ini dan mendoakan bagi yang terluka agar cepat pulih.

Cerita Versi WNI yang Selamat setelah Tragedi Hallowen

Mengikuti perayaan hallowen di Itaewon ternyata tidak hanya diikuti oleh warga korea, warga asing juga banyak yang mngikuti perayaan ini, termasuk WNI. Warga Indonesia pertama kali mengikuti perayaan ini, namun nasib baik masih bersamanya karena selamat dari peristiwa memakan korban ini. Warga Indonesia ini datang ke tempat perayaan antara jam sembilan hingga jam sepuluh malam, ia melihat banyak orang yang berupaya untuk keluar dari gang kecil.

Banyak orang yang berteriak dalam bahasa Korea untuk meminta tolong. Para petugas berwenang seperti pemadam kebakaran dan polisi untuk menolong para korban dengan mengevakuasi dari kerumunan yang berdesakan. Banyak orang yang membantu dengan melakukan CPR karena kekurangan oksigen sehingga mengalami henti jagung. Teknik dalam CPR di pelajari dan terdapat pelatihan, sehingga yang sudah bersetifikasi bisa menolong apabila terjadi tragedy tiba-tiba seperti ini.

Tragedi ini bermula saat banyak yang melewati jalanan menanjak, setelah itu terjadi insiden terjatuh dan menimpa massa yang berada di bawah. Karena hal ini banyak orang yang panik dan gopoh saat berjalan sehingga saling tertimpa dan menginjak orang lain. Karena kejadian ini banyak orang yang kehilangan nyawa sebanyak 154 warga Korea dan warga negara asing juga. Banyak juga yang mengalami luka-luka diantaranya warga negara Indonesia. Karena kejadian ini Itaewon dikategorikan sebagai zona bencana khusus.

Beberapa Penyebab yang Menjadi Isu Tragedi Itaewon

Belum ada kabar yang jelas mengenai penyebab dari tragedi Itaewon. Namun beredar beberapa isu yang memicu terjadinya insiden yang mematikan ini. Beberapa spekulasi dari warga yang selamat setelah kejadian ini sebagai berikut.

1. Spekulasi mengenai seseorang yang menggunakan narkoba berkelahi

Terdapat saksi mata yang menyatakan melihat pengguna narkoba berkelahi saat terjadinya tragedi di Itaewon. Bentrok yang terjadi diakibatkan pengguna narkoba ini menyebabkan banyak orang cidera. Selain itu juga terjadinya masalah yang ditimbulkan wanita yang mengenakan hak tinggi mengenai paha orang lain, hal ini memicu perkumpulan semakin memanas dan kacau sehingga diluar kendali.

2. Beredar isu permen misterius yang diduga adalah narkoba

Selain isu perkelahian yang dikarenakan penggunan narkoba terdapat isu beredar permen misterius yang mengakibatkan warga menjadi keracunan. Permen tersebut diduga adalah narkoba, awal mula terdapat seseorang yang pingsan di tengah kerumunan dikarenakan telah mengkonsumsi permen yang dibagikan oleh orang tidak di kenal.

3. Isu pemilik toko yang mengusir para pengunjung yang ingin menyelamatkan diri

Sejumlah pemilik toko yang terdapat di Itaewon mengusir pengunjung yang ingin menyelamatkan diri dari kerumunan kerusuhan. Hal ini terjadi karena para pemilik toko sudah diluar jam kerja sehingga pengunjung diusir untuk turun ke jalan.

4. Artis vlogger muncul menjadi penyebab kerumunan

Terdapat saksi yang mengatakan bahwa artis vlogger datang untuk mengikuti perayaan. Hal ini membuat gang dengan lebar 3,2 hingga 4m menjadi sesak karena banyak pengunjung yang heboh.

5. Terjadinya kebocoran gas saat massa kekurangan oksigen

Isu terdapat kebocoran gas saat kepadatan massa membutuhkan oksigen. Tidak lama kemudaian banyak yang berjatuhan karena pingsan. Namun pihak yang berwenang mengevakuasi tidak menemukan isu keracunan karena kebocoran gas.